Layanan

Solusi lengkap mitra pasokan LNG

Peraturan Cabotage melindungi Industri perkapalan dalam negeri, rekam jejak dan jaringan grup yang kuat dengan pelanggan utamanya menjadikan industri ini memiliki hambatan masuk yang tinggi. Grup Perseroan merupakan perusahaan pelayaran LNG terbesar di Indonesia, menguasai 93% pangsa pasar (52% dengan kapal milik sendiri) untuk pasar pengangkut LNG, sedangkan 32% untuk pasar FSRU. Industri ini hanya memiliki sedikit pesaing potensial sehingga sangat selektif hanya bagi pemilik serta operator kapal LNG dan FSRU mengingat keterbatasan pasarnya. Rencana pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca mendekati 29% pada tahun 2030 dan proyek pembangkit listrik 35 gigawatt yang agresif karena tingginya tingkat urbanisasi serta digitalisasi membutuhkan penggunaan listrik terus meningkatkan, permintaan pembangkit listrik gas alam telah menyumbang penggunaan terbesar kedua.

Keunggulan pelayanan serta pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang logistik, penyimpanan, dan infrastruktur LNG memperkaya kemampuan, kompetensi GTSI untuk menjadi mitra yang handal. GTSI meyakinkan keselamatan, keberlanjutan, semangat, integritas, inovasi, dan kerja tim dalam semua aktivitas bisnis kepada pelanggan dan mitra yang terus bertambah.

Dengan pengalaman serta sumber daya yang dimiliki, GTSI mampu menawarkan solusi yang efektif dan efisien dengan membandingkan keuntungan atas investasi kapal baru dengan konversi kapal LNG, dalam rangka memenuhi kebutuhan operasional, teknis dan ekonomi di proyek LNG yang akan dikembangkan. Hal ini sejalan dengan semangat GTSI sebagai “One Stop Service” untuk bisnis LNG domestik.

Penyewaan Kapal LNG

Pengalaman selama 30 tahun, GTSI memiliki serta mengoperasikan kapal LNG dengan kinerja yang sangat baik untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Kapal LNG diawaki oleh anak bangsa Indonesia yang berpengalaman, berkompeten, memenuhi sertifikat dan persyaratan standar pelayaran internasional. Hingga saat ini, GTSI adalah yang terdepan dan pelopor dalam pengiriman LNG.

GTSI telah menyediakan layanan penyewaan kapal LNG selama lebih dari 30 tahun. GTSI saat ini memiliki dua kapal LNG dengan sertifikasi dan lisensi internasional, yaitu Ekaputra 1 dan Triputra. Ekaputra 1 dimiliki PT HSB, sedangkan Triputra dimiliki PT BIS. Kedua kapal pengangkut LNG tersebut berkontribusi dalam distribusi energi LNG ke fasilitas vital dan strategis pembangkit listrik di wilayah Jakarta, Sumatera bagian Selatan, Sumatera bagian Utara, Bali, dan Sulawesi bagian Utara.

Penyimpanan dan Regasifikasi

Pada tahun 2018 Perseroan mengembangkan segmen baru yang potensial di masa depan yaitu FSRU. FSRU maupun FSU akan menjadi salah satu tulang punggung pendapatan Perusahaan seiring dengan kemajuan bisnis yang berkelanjutan. Selain penyedia alat transportasi LNG, anak perusahaan dari segmen transportasi LNG bertindak sebagai pengelola infrastruktur distribusi energi. Transformasi ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik kepada seluruh Pemangku Kepentingan. Bisnis LNG akan memberikan kontribusi yang signifikan melalui proyek pemerintah mengkonversi penggunaan bahan bakar LNG untuk pembangkit listrik PLN.

FSRU JAWA SATU

Selain berkontribusi pada proyek konversi pembangkit listrik PLN untuk pemanfaatan LNG sebagai bahan bakar, GTSI bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) serta mitra strategis internasional dari Jepang, turut serta dalam Proyek FSRU Jawa Satu melalui anak perusahaannya. Kapal FSRU telah berhasil dibangun tepat waktu, siap beroperasi dengan dukungan penuh dari pengelolaan kapal dan awak kapal yang ditempatkan di FSRU Jawa Satu.

FSRU AMURANG

Perseroan melalui entitas anak menandatangani perjanjian pelaksanaan proyek dengan PT PLN Gas & Geothermal selama 15 tahun dan FSRU Amurang telah beroperasi menghasilkan regasifikasi LNG ke Pembangkit Listrik sejak September 2019.

Jasa Pengelolaan Kapal

Mengoperasikan kapal LNG dan FSRU membutuhkan tingkat kompleksitas operasional serta kemampuan teknis yang sangat tinggi baik aspek Quality, Security, Safety, Health dan Environmental (QS-SHE) menjadi persyaratan mutlak semua pemangku kepentingan. Dari perspektif komersial, kapal LNG & FSRU membutuhkan biaya operasional yang besar; akurasi dalam hal waktu dan manajemen biaya merupakan aspek penting yang harus dipertimbangkan.

Melalui anak perusahaannya (HLI), lini bisnis manajemen kapal menyempurnakan bisnis GTSI dan grupnya, karena semua kapal yang beroperasi memerlukan jasa pengelolaan kapal yang memiliki kualifikasi dan sertifikasi khusus. Hingga saat ini, masih sedikit perusahaan dalam negeri yang mampu menyediakan jasa pengelolaan kapal LNG dan FSRU.
HLI memastikan setiap kapal beroperasi dan dikelola dengan tepat memenuhi peraturan, persyaratan industri seperti SIRE, TMSA, dan standar ISO untuk Kualitas (ISO 9001), Lingkungan (ISO 14001) & OHSAS (ISO 18001).

Layanan Jasa Pengelolaan Kapal yaitu:

  • Mempersiapkan, memantau dan mencatat rencana untuk operasi kapal.
  • Menyiapkan, memantau, melaporkan, dan menyelesaikan anggaran kapal.
  • Memonitor dan mengimplementasikan Plan Maintenance Program dan jadwal docking kapal.
  • Memberikan pelatihan dan pendidikan kepada awak kapal, awak kapal bangsa Indonesia telah terlatih dan menduduki jabatan penting hingga pangkat Nakhoda, dan Kepala Kamar Mesin.
  • Menyiapkan, memantau dan melaporkan kewajiban atas pemeriksaan pajak dan keuangan.

Memberikan yang terbaik dari yang paling baik untuk industri LNG

GTSI mengupayakan pertumbuhan perusahaan yang positif melalui kemitraan global yang strategis. Sebagai perusahaan Logistik, Penyimpanan, dan Infrastruktur LNG terkemuka, GTSI menjamin keselamatan, keberlanjutan, semangat, integritas, inovasi, dan kerja sama tim dalam aktivitas bisnis kepada pelanggan dan mitra yang terus bertambah. Kami percaya tingkat kompetensi kami tercermin dalam daftar pelanggan dan mitra terhormat yang kami layani.
Copyright © 1986 – 2021 PT GTSI All Rights Reserved